Very Important!

Bacalah terlebih dahulu Alkitab sesuai dengan ayat-ayat yang dibahas hari ini. Hal ini penting karena Alkitab berkata:
"Orang yang suka melakukan Perintah TUHAN dan merenungkannya siang malam, Orang itu berhasil dalam segala usahanya; ia seperti pohon di tepi sungai yang berbuah pada musimnya dan tak pernah layu daunnya." (Mazmur 1:3)
Tuhan memberkati Anda

Friday, April 29, 2011

Waktu Dunia Dan Waktu Tuhan

Kejadian 2:1-3

Selalu ada waktu spesial bagi segala hal yang kita lakukan. Bagi orang-orang beragama Hindu di Bali, hari Nyepi adalah hari di mana sebaiknya semua menyucikan diri lahir batin, dengan memusatkan pikiran, mengendalikan hawa nafsu, menciptakan ketenangan hati, kedamaian pikiran dan menolak segala roh jahat. Ini adalah momen yang penting karena menurut mereka hari nyepi adalah awal dari siklus tahun baru. Itu sebabnya mereka akan melakukan upacara puji syukur sehari setelah hari raya Nyepi.

Generasi yang lebih muda biasanya cenderung menganggap hal-hal seperti ini sebagai mistis/sesuatu yang tidak nyata.

Generasi kita cenderung mengganti waktu-waktu spesial itu dengan hal-hal yang diusung dari benua Amerika atau bahkan dengan sesuatu yang lebih praktis sifatnya.

Banyak generasi muda mempercayai bahwa menyatakan cinta di hari Valentine akan mempunyai dampak yang lebih “manjur”. Banyak orang jaman ini yang mempercayai saat yang paling tepat untuk memperbaiki diri adalah saat tahun baru tiba. Kita menggantikan hari-hari spesial yang “berbau mistis” itu dengan kalender kita sendiri seperti:

  • Hari Senin-Jumat adalah hari untuk berkosentrasi hanya pada pekerjaan.
  • Bisinis restoran sebaiknya tidak libur di hari minggu.
  • Tidak baik bersaat teduh, membaca Alkitab, atau berdoa di kantor.
  • Hari Sabtu dan Minggu adalah hari untuk gereja.
  • Usia 25 hingga 40 adalah masa-masa di mana kita mencurahkan energi, waktu, dan konsentrasi kita yang terbesar pada pekerjaan.
  • Memberi bantuan pada orang lain sebaiknya dilakukan ketika paskah atau natal.
  • Awal bulan (atau akhir bulan bagi beberapa orang) adalah hari-hari yang lebih menyenangkan daripada pertengahan bulan.
  • Sekiranya mungkin bekerja lemburlah/ambil pelayanan sebanyak-banyaknya pada usia muda dan mulailah memikirkan hidup pensiun pada usia 50an.
  • dan lain sebagainya.

Baik orang-orang di jaman Alkitab maupun jaman ini, kita semua memiliki waktu-waktu spesial yang sadar atau tidak sadar mengatur dan mempengaruhi bagaimana kita berpikir, merasakan, dan bertindak.

Coba renungkan waktu-waktu spesial apa yang ada dalam kehidupan sekolah/kuliah, pekerjaan, pacaran/tunangan, keluarga, dan keagamaan Anda?

Agama bangsa Mesir menceritakan bahwa dewa pencipta mereka, Ptah, juga beristirahat pada hari yang ke-7. Akan tetapi dewa Ptah menciptakan manusia agar ia sendiri terbebas dari tanggung jawabnya memelihara bumi, tempat tinggalnya. Itulah sebabnya hari dimana dewa Ptah beristirahat dianggap oleh orang-orang Mesir dan sekitarnya, sebagai hari yang tidak baik karena pada saat hidup manusia menjadi susah karena dewa melimpahkan tanggung jawabnya kepada manusia. Berbeda dengan YaHWeH. Ia memang berhenti pada hari yang ke-7, namun Ia memberkati manusia dan seluruh ciptaan yang lain.

Sekali lagi Ia memperkenalkan diriNya sebagai Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatunya.

  • Apakah Anda kawatir untuk melayani Tuhan di tempat kerja?
  • Apakah Anda kawatir untuk pindah tempat kerja?
  • Apakah Anda kawatir untuk menolak sebuah promosi?
  • Apakah Anda kawatir untuk menyerahkan pendidikan Anda pada keputusan Tuhan?
  • Apakah Anda kawatir mengevaluasi cara kerja Anda sesuai dengan Firman Tuhan?

Apakah Tuhan sedang meminta Anda melakukan hal yang tidak mungkin? Apakah Tuhan sedang menantang Anda untuk memaafkan? Apakah Tuhan menantang Anda untuk mengalah? Apakah Tuhan meminta Anda untuk bertindak tegas sesuai Firman? Ujilah dengan FirmanNya! dan jika Anda mendapati bahwa hal itu memang sungguh dari Tuhan, maka segera lakukan! Percayalah padaNya dan Jangan tunda lagi!

Ia yang telah memberkati dan menguduskan hari ke-7, Ia juga akan memberkati dan menguduskan Anda sesuai dengan rencanaNya.

No comments:

Post a Comment