Very Important!

Bacalah terlebih dahulu Alkitab sesuai dengan ayat-ayat yang dibahas hari ini. Hal ini penting karena Alkitab berkata:
"Orang yang suka melakukan Perintah TUHAN dan merenungkannya siang malam, Orang itu berhasil dalam segala usahanya; ia seperti pohon di tepi sungai yang berbuah pada musimnya dan tak pernah layu daunnya." (Mazmur 1:3)
Tuhan memberkati Anda

Monday, May 2, 2011

God Part In Our Work Place (part 1)

Kejadian 2:4-14

Beberapa dekade yang lalu, uang kertas masih menjadi satu-satunya alat tukar yang utama. Saat ini uang digital menjadi alat tukar yang dapat dipakai mulai dari membayar tol, membeli bahan bakar kendaraan, makan di restoran, memesan tiket pesawat, hingga booking hotel.

Lama sebelum alat tukar uang ditemukan, masyarakat menggunakan hasil bumi dan peternakan sebagai alat tukar utama. Itu sebabnya orang-orang yang tinggal di kerajaan yang kaya akan hasil bumi dan ternaknya akan otomatis menjadi makmur.

Kejadian 2 menceritakan bagaimana Tuhan telah mendisign sebuah tempat atau wilayah kerja (workplace) yang luar biasa idealnya bagi Adam.

Bayangkan workplace yang Tuhan sediakan bagi Adam:

Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur, dan ditempatkan-Nya di situ manusia yang sudah dibentuk-Nya itu.

TUHAN Allah menumbuhkan segala macam pohon yang indah, yang menghasilkan buah-buahan yang baik. Di tengah-tengah taman tumbuhlah pohon yang memberi hidup, dan pohon yang memberi pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Sebuah sungai mengalir dari Eden, membasahi taman itu; dan di luar Eden sungai itu terbagi menjadi empat cabang.

Yang pertama bernama Pison; sungai itu mengalir mengelilingi tanah Hawila. Di situ terdapat emas murni dan juga wangi-wangian yang sulit diperoleh, serta batu-batu permata.

Sungai yang kedua bernama Gihon; airnya mengalir mengelilingi tanah Kus. Sungai yang ketiga bernama Tigris dan mengalir di sebelah timur Asyur. Sungai yang keempat bernama Efrat.

Dan inilah Deskripsi Pekerjaan Adam:

Kemudian TUHAN Allah menempatkan manusia itu di taman Eden untuk mengerjakan dan memelihara taman itu.

Jika Anda membayangkan deskripsi wilayah kerja Adam di atas, Anda pasti dapat membayangkan bahwa tempat itu adalah sebuah surga bagi bagi seorang petani/pekebun.

Banyak orang berpikir, pembicaraan tentang taman eden tidak lagi relevan, baik secara harafiah, maupun taman Eden secara simbolik bagi dunia kerja jaman sekarang. Lagipula Tuhan sendiri yang mengutuk manusia dan seluruh dunia sehingga hidup menjadi sulit setelah manusia berbuat dosa.

Jika Anda berpikir demikian ketika membaca ayat-ayat ini, maka Anda melewatkan intinya.

Ini maksud saya. Jika Anda mengagumi negara Singapore tetapi melupakan sejarahnya sebagai sebuah pulau penjara, maka Anda melewatkan intinya. Jika Anda mengagumi kemajuan Hong Kong dan Australia namun melupakan sejarahnya sebagai jajahan Inggris, maka Anda melewatkan inti ceritanya. Ada seorang transformator yang bekerja dibalik semuanya itu.

Jesus is The Transformation Expert God.

Ia tidak menciptakan taman Eden dari sebuah tanah yang subur. Ia menciptakan taman Eden dari sebuah dunia yang kacau balau. Kita sering melupakan bahwa taman Eden itu dibuat Tuhan dari dunia yang gelap, hancur, kacau balau, dan tanpa jaminan keamanan. (kejadian 1 & 2:5).

Saat inipun Ia masih bekerja mentransformasi dunia dan hidup ribuan orang yang mau mengundang Tuhan Yesus sebagai pengatur tunggal hidup mereka. Ia masih bekerja mentransformasi orang-orang yang merasa:

  • tidak berpendidikan tinggi,
  • tidak mampu melakukan banyak hal,
  • hanya hanya dilahirkan untuk menjadi orang kecil,
  • tidak spesial dan hanya seperti orang kebanyakan.

Ia masih bekerja di bidang mentransformasi orang-orang tersebut menjadi orang-orang yang mempunyai dampak besar.

Apakah Anda merasa terjebak dalam lingkungan kerja yang berantakan? Apakah Anda merasa kewalahan dan terbeban dengan kondisi keluarga atau sosial Anda? Apakah Anda merindukan sebuah transformasi di wilayah Anda?

Tuhan sedang menawarkan keahlianNya kepada Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengundangNya untuk menjadi General Manager serta pemegang kepemilikan mutlak atas hidup Anda.

Ijinkan Ia memegang kendali atas hidup Anda. Maka Ia akan bekerja mentransformasi pekerjaan Anda, kehidupan Anda, dan kehidupan di sekitar Anda.

No comments:

Post a Comment